Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dira Cafe And Pool Pontang Ambulu

Indah Pusparini, Achadyah Prabawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang  mengunjungi Dira Cafe and Pool Pontang Ambulu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Secara keseluruhan dari tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, ketiganya memiliki garis diterima. Hasil pengujian secara simultan store atmosphere dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 600 > 3,15 dengan nilai signifikansi 0,000. Secara parsial store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 5,057 > 1,660 dengan signifikansi 0,000, kemudian untuk kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 4,498 > 1,660 dengan signifikansi 0,000. 


Keywords


Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.

References


Buku:

Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Berman, Barry & Evans, Joel R. 2010. Retail Management: A Strategic Approach (11 Ed.). New Jersey : Prentice Hall.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto, & Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta : Gava Media.

Foster, Bob. 2011. Manajemen Ritel. Bandung : Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Melayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Bumi Aksa.

Hornby, A S. 2006. Oxford Advance Leaner’s Dictionary. Oxford University Perss. Hal. 896.

Kandampully, K. 2002. Elektronik Ritel dan Perantara Distribusi Layanan Yang Melayani Pelanggan Dan Penyedia Layanan. Journal of Management and Strategy. Vol. 3.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat Dan Dedy A Hamdani . 2011. Manajemen Pemsaran Jasa Edisi Kedua . Jakarta : Salemba Empat.

Abdullah M. Ma'ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Nursya'bani Purnama. 2013. Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Edisi Pertama. Ekonisia Fakultas Ekonomi.

Rao, Purba. 2006. Measuring Consumer perception Throught Faktor Analysis. The Asian Manager (February-March).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Nandung : Penerbit Alfabeta.

Sutisna, Teddy Pawitra. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2013. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Wijayanti, Irine Diana Sari. 2008. Manajemen. Yogjakarta : Mitra Cendika.

Artikel/Jurnal:

Asti, Eka Giovana. Eka Avianti Ayuningtyas. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis. Bekasi; Universitas Pelita Bangsa. https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/ekomabis/article/view/2

Atifa, Firdha Nur, Wahyuningsih, Poniri 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Cafe Refresho Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen. Palu; Universitas Tadulako. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1320932&val=731&title=PENGARUH%20STORE%20ATMOSPHERE%20TERHADAP%20KEPUASAAN%20KONSUMEN%20PADA%20CAFE%20REFRESHO%20DI%20KOTA%20PALU

Bhayangkari, Sylvia Kartika Wulan. 2020. Pengaruh Store Atmosphere, Etika Bisnis Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Dan Ekonomi Bisnis. Jambi; Universitas Jambi. http://eksis.unbari.ac.id/index.php/EKSIS/article/view/177/88

Santika, Devi. Suharyono Suharyono. Dahlan Fanani. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Cafe Otw Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Malang; Universitas Brawijaya. https://www.neliti.com/publications/202007/pengaruh-store-atmosphere-dan-kualitas-produk-terhadap-kepuasan-pelanggan-survei.

Isnandari, Apriliani. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Java Dancer Coffee). Malang; Universitas Brawijaya. https://mill.onesearch.id/Record/IOS1232.article-2537/Details

Kristiana,Maria. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tatat Niaga. Surabaya; Universitas Negeri. https://core.ac.uk/download/pdf/230755815.pdf

Maria, Monica. Muhammad Yusak Anshori. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumenking Cafe. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan. Surabaya; Universitas Ciputra Surabaya. https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/2654.

Netty, Aditya. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Roemah Kopi Bandung.eProceedings of Management. Bandung; Universitas Telkom. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2193

Putri, Lily Harlina. Srikandi Kumadji. Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis. Malang; Universitas Brawijaya. https://www.neliti.com/publications/84724/pengaruh-store-atmosphere-terhadap-keputusan-pembelian-dan-kepuasan-pelanggan-st

Windarti Tias, Mariaty Ibrahim.2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang–pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Riau; Universitas Riau. https://www.neliti.com/publications/114989/pengaruh-kualitas-produk-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-produ.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v5i1.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Pusparini, Achadyah Prabawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135