Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dira Café And Pool Ambulu

Ilmi Intan Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Dira Café and Pool Pontang Ambulu baik secara simultan maupun secara parsial. Penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Teknik penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel sebanyak 85 responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Penelitian ini memiliki tiga hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Dira Café and Pool Pontang Ambulu.


Keywords


Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

References


Hidayat, Rachmad, 2009, Pengaruh Kualitas Layanan Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11, No. 1, Hal 59-72. (diakses pada tanggal 15 Desember 2020)

Mulyono, Bayu Hadyanto.,Yoestini, Rini Nugraheni dan Mustofa Kamal. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. Vol. 4. No. 2. Hal : 91-100. (diakses pada tanggal 15 Desember 2020)

Pandesia, Alvaris Edward., Ivone Saerang, dan Jacky Sumarauw. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Jurnal EMBA. Vol. 5 No. 2 Hal: 1315-1326. (diakses pada tanggal 15 Desember 2020)

Risnawati dan Nuri Huda.2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal wawasan Manajemen. Vol. 2 No.1. Hal: 43-55. (diakses pada tanggal 15 Desember 2020)

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hubeis, Musa. 2012. Manajemen Kreativitas dan Inovasi Dalam Bisnis. Penerbit PT. Hecca Mitra Utama. Jakarta.

Irawan, Handi. 2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12th. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, K. Lane. 2007. Manajemen Pemasaran 12th.. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Indeks.

Kusumadewi, Sri. 2016. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Lovelock, C dan Jhon Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif Edisi 7. Jakarta. Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. dan A, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Mower, John C dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen, Jilid 2 Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Nugraha, H. K. (2016). Prototype Sistem Monitoring Infus Pada Kamar Pasien Menggunakan Load Cell Berbasis Web Tugas Akhir.

Siagian, D. dan Sugiarto. 2006. Metode Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Soekresno. (2012). Management Food and Beverage, Service Hotel. Jakarta : PT Gramedia pustaka.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Surjatmadja, Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan. Bayumedia Publishing Malang

Tjiptono, Fandy dan Candra, Gregorius. 2011. Service,Quality and Statisfaction,Edisi 3. Yogyakarta. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua.. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Arif Rahman Naufal dan Rizal Hari Magnadi. 2017. Pengaruh promosi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (studi rahma rahmi collection). Doponegoro Journal of Management, vol 6.

Apriiwati Sholihat. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Jrena Koffie. JOM FISIP. Vol. 5 No.

Jackson R.S. weenas. 2013. Kulaitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, Jurnal EMBA. Vol.1 No.4 Hal: 607-618

Pratiwi Putri Wulandari, dan Widiyanto. 2015. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota (Studi Pada Konsumen PT Nasmoco Majapahit, Semarang)

Putri Karunia Saras Rahayu. 2020. Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Penikmst Kopi di Cliq Coffee Jakarta, Jakarta: UIN Syariff Hidayatullah.

Rada, NK, & Efriani, F. 2022. Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Sibatik:Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan.

Sheila Azizah dan Adhi Ptasetio, 2019. Penagruh Promosi Penjualan di Instragram, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kanz Coffee & Eatery). ALMANA

Sinambow, Sandy. 2015. Pengaruh Harga , Lokasi, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA. Vol.3 No.3 September 2015, Hal 300-311

Sitepu, A., & Hermani DS, A. 2021. Pengaruh promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada gelael supermarket citraland semarang. Doctoral disesertation, Faculty of Social and Political Science.

Sihombing, Meika Marito, dkk. 2021. Pengaruh Varian Menu, Harga dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono, Endar, 2004. Pengaruh Presepsi Produk, Harga dan Promosi Terhadap Omset Penjualan Pada Industri Kecil Keramik di Kec. Banjarharjo Kab. Brebes. Skripsi,UNNES.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v5i1.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ilmi Intan Purnamasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135