Strategi Diferensiasi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Di Pabrik Pia Basah “DC” Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember
Abstract
Strategi diferensiasi yang efektif dan efsien merupakan salah satu cara untuk menciptakan keunggulan dalam bersaingdi dunia bisnis. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, informan dalam penelitian ini dipilih peneliti karena memiliki kompetensi dibidangnya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data pada penelitian ini mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pabrik pia basah “DC” Jenggawah melakukan berbagai cara strategi diferensiasi untuk menciptakan keunggulan bersaing. Strategi diferensiasi tersebut adalah diferensiasi produk pada dimensi bentuk, keistimewaan, dan daya tahan pia basah “DC”. Kemudian diferensiasi pelayanan pada dimensi kemudahan pemesanan dan pengiriman, diferensiasi personil terletak pada kemampuan dan karyawan yang dapat diandalkan. Serta diferensiasi saluran dan citra.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Follet, Mary Poker. 2007. Manajemen. Jakarta: Indeks.
Ibrahim. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Jatmiko, RD. 2004. Manajemen Strategi, Edisi Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip., dan Armsrtrong, 2001, Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip., dan Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip, 2000, Marketing Management, The Millennium Edition, International Edition, New York, Prentice Hill
Kotler, Philip. 2005. Manajemen pemasaran, Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. . Jakarta: Erlangga.
Moleong. Lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Stephanie, K. Marrus. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen cetakan ke tiga. Bandung: CV Alfabeta
Sukoco, Sampir Andrean. 2019. New Komunikasi dan Pemasaran. Jember. CV Pustaka Abadi.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Taufiqurrahman dan Evi Satipsi. 2018. Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang: Peberbit UMM Press.
Tjiptono Fandy. 2012, Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta, Andi
DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i2.323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Emi Fahrun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.