PENGARUH INOVASI PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Diana Novita Sari, Nungky Viana Feranita
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh inovasi produk (X1), citra merek (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Objek penelitian dari penelitian ini adalah Rezti’s Batik mBoloe yang berada di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Accidental Sampling yaitu sebanyak 100 Sampel. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan software SPSS 22.0 for windows. Inovasi Produk dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Rezti’s Batik mBoloe yang ditunjukkan dengan Fhitung sebesar 600.124 dan signifikansi hitung sebesar 0,000. Inovasi berpengaruh secara partial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Rezti’s Batik mBoloe yang ditunjukkan dengan thitung sebesar28.491 dan signifikansi sebesar 0,000. Citra merek secara partial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Rezti’s Batik mBoloe yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 1,817 dan signifikansi sebesar 0,072.
Kotler, P., dan Amstrong G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta. UIN Malang Press.
Setiadi, JN. (2003). “Perilakunkonsumen konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian Pemasaran”, Jakarta : Kencana
Shultz, J., William, P. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan7.dalam buku Prof. Dr. H. Buchari Alma.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
JURNAL
Aleiyya, IL., Waluyo, HD., Widayanto. (2014). Pengaruh InovasikProduk Baru, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pc Tablet Apple Ipad (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Ipad Di Fisip Undip Semarang). Journal Of Social And Politic. hal. 1-8.
Maharani, R. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Yamaha Mio M3 125 Bluecore Journal Of Social And Politic (Studi di Dealer Yamaha Surabaya Selatan).