STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENERAPAN PROMOSI PENJUALAN (STUDI KASUS PADA KAFE KOPIXEL)

Noviana Mashuda, Sampir Andrean Sukoco

Abstract


Kafe kopixel adalah salah satu kafe yang ada di Kabupaten Jember. Kafe ini melakukan beberapa promosi penjualan untuk meningkatkan penjualannya. Promosi penjualan adalah salah satu alat untuk melakukan pemasaran dengan tujuan meningkatkan penjualan secara cepat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini dipilih peneliti karena memiliki kompetensi dibidangnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kafe kopixel melakukan berbagai cara promosi penjulan sebagai strategi pemasarannya. Strategi promosi penjualan tersebut diantaranya adalah promosi penjualan menggunakan produk, promosi penjualan menggunakan diskon/potongan harga, promosi penjualan dengan model strategi pelayanan dan kepuasaan terhadap pelanggan.


Keywords


Promosi Penjualan, Strategi Pemasaran, Kualitatif

References


Buku

Alma, Buchari. 2014. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Barata, Atep. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Bungin, B. 2009. Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Cannon, Joseph, William Perracault, dan Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran dasar. Edisi 16, Buku ke-1, Jakarta : Salemba Empat.

Hutabarat, Moses. 2021. Strategi Pemasaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2004. Marketing Insight From A to Z. Jakarta : Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2013. Manajemen Periklanan. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Lingga, Purnama. .2002. Strategi Marketing Plan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Madura, Jeff. 2007. Pengantar Bisnis. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Marwanto, Aris. 2015. Marketing Sukses. Yogyakarta : Kobis.A.M.

Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, edisi 3. Jakarta : UIPress.

Moleong, J, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenadamedia Group.

Nasution. 2002. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Purwanto, Iwan. 2012. Manajemen Strategi. Bandung : Yrama Widya.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2010. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus : Noramedia Enterprise.

Rifa’i, Khamdan. 2014. Pemasaran Suatu Pengantar. Jember : STAIN Jember Press.

Saleh, Yusuf. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar : CV Sah Media.

Sattar. 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta : Cv. Budi Utama.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran.Malang: Universitas Brawijaya (UB Press).

Simamora Bilson.2001.Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitabel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Stanton, William. 1989. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharno, dan Sutarso Yudi. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhendi dan Sasangka, Indra. 2014. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Perusahaan Pelayaran. Edisi 2. Semarang : CV. Indoprint.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Usman, Husaini dan Purnomo S Akbar. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Askara.

Jurnal

Lasander, Christian. 2013. Citra merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional : Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab. Sangihe. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol.1, No.3 pp 284-293.

Marcelline Livia Hedynata, Wirawan E.D. Radianto. 2016. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Lucious Chocolate PotatoSnack.Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.Universitas Ciputra.

Reza, Faizal. 2016. Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal kajian komunikasi. Universitas Padjajaran.

Sri Imelda, Hikmayanti Huwaida.2016. Strategi Promosi Guna Meningkatkan Omzet Penjualan Sparepart dan Service pada PT. Nusantara Borneo Motor Banjarmasin. Jurnal INTEKNA. Politeknik Banjarmasin.

Internet

https://ekonomi.bisnis.com, diakses pada tanggal 20/08/2020 pukul 10.41 WIB.

https://kbbi.web.id/kafe, diakses pada tanggal 20/08/2020 pukul 11.02 WIB.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v3i2.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Noviana Mashuda, Sampir Andrean Sukoco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135