PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERANGKAT DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DIKANTOR KEPALA DESA KESILIR KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Andreas Candra Triwandono, Ibnu Supriyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perangkat Desa Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kepuasan Masyarakat secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kesilir yang melakukan pelayanan di kantor balai desa kesilir. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 warga. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh kualitas pelayanan, partisipasi masyarakat, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikan 0,000. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikan 0,034. Secara parsial partisipasi masyarakat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat nilai signifikan 0,001. 


Keywords


Kualitas pelayanan, Partisipasi Masyarakat, Kepuasan Masyarakat, Regresi Linier Berganda

References


Fahmi Rezha..Analisis PengaruhKualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.(Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kota Depok)

https.//id.m.Wikipedia.org/Wiki?manajemen sumberdaya manusia

turindraatp.Blogspot.com/2009/06/pengertian partisipasi masyarakat.html.

Musdalipa,Dkk.2017, Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Parigi Kecamatan TinggiMoncong Kabupaten Gowa.

Neng Komarani,SE..,Msi.2011, Analisis Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat(Kasus Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten agam-Sumatera Barat)

Novie Indrawati Sagita. Partisipasi Warga Masyarakat Dalam Penilaian Kinerja Kecamatan Di Kota Bandung.

Suci Agustina..Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Unit Pelayanan Instansi Pemerintah (Studi Implementasi Kepuasan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara NomorKEP/25/M.PAN/2004 Di Kantor Kecamatan Tulungagung)

Trio Saputra.2016. Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)

Yeni Agustina.2015, Peran Kepala Desa Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Desa Sukoulyo Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v3i2.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andreas Candra Triwandono, Ibnu Supriyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135