PENGARUH STORE LAYOUT DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO LINGGA MART

Riska Iswahyudi, Achadyah Prabawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store layout dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toko Lingga Mart. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (sebab-akibat) dengan dua variabel bebas yaitu store layout (X1) dan kualitas pelayanan (X2) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Lingga Mart. Teknik penentuan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Metode analisis adalah regresi linier berganda dengan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan store layout dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Store layout dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords


Store Layout, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

References


Bayu Sutrisna Aria Sejati. 2016. Pengaruh Kualitas produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5, No. 3, Maret 2016.

Dedy Ansari Harahap. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (PAJUS) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol. 7, No. 3, November 2015.

Denny Adi, Asminah Rachmi. 2018. Pengaruh Layout dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Broadway Barbershop Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol.4, No.1, Juni 2018. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/157. (Diakses pada tanggal 28 Maret 2021).

Hubba Aulia Irlatifa. 2018. Analisis Pengaruh Store Layout dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Beli Konsumen Studi Kasus Konsumen Pamela6Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7817/Skripsi.pdf?sequence=1&isAllowed=y. (Diakses pada tanggal 30 januari 2020).

Irmavi Indah, Asminah Rachmi. 2017. Pengaruh Store Layout dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Vivi’s Mart Malang. Jurnal Bisnis. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/download/87/pdf. (Diakses pada tanggal 16 Mei 2021).

Lutfi Bisri A, M. Hufron dan M. Khoirul ABS. 2017. Pengaruh Store Layout, Interior Display, Human Variable Terhadap Keputusan Pembelian di Ramayana Mall Dinoyo City Malang. E-Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma. http://riset.unisma.ac.id. ( Diakses pada tanggal 21 Juli 2020).

Resti Meldariana dan Henky Lisan S. 2010. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. September 2010. Hal. 97-108 Vol. 17 No.2. https://www.academia.edu/30812675/PENGARUH_STORE_ATMOSPETERHADAP_MINAT_BELI_KONSUMEN_PADA_RESORT_CAF%C3%89_ATMOSPHERE_BANDUNG. (Diakses pada tanggal 21 Juli 2020).

Sahetapy, Jeofer Pratama. 2013. Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal Manajemen. Vol. 1. No. 3. Hal. 411-420.

Taufik Hidayat, Achmad Fauzi Nuralam. 2018. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Distribution Store Inspired27 Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.60,No.1Juli2018. https://www.bing.com/search?form=MOZLBR&pc=MOZD&q=pengaruh+store+atmosphere+%28suasana+toko%29+terhadap+keputusan+pembelian+inspired27+malang. (Diakses pada tanggal 21 juli 2020).




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v3i1.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riska Iswahyudi, Achadyah Prabawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135