UMKM Go Digital Sebagai Adaptasi Pemasaran Usaha Kerupuk Pentol Dua Jaya di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Agus Sudarsono Ilmu Administrasi Niaga - STIA Pembangunan
  • Rizal Hidayatullah Ilmu Administrasi Niaga
  • Siti Latifah Ilmu Administrasi NIaga - STIA Pembangunan Jember
  • Siti Husnul Hotima

DOI:

https://doi.org/10.37849/mici.v2i2.215

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang di prediksi akan paling terdampak dengan adanya covid-19 dalam periode yang lama. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri dirumah, hal ini berdampak pada bidang perekonomian, pendidikan, dan kesehatan. Salah satu yang paling terdampak dengan kemunculan COVID-19 adalah pada   sektor perekonomian, yang mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi dan salah satunya adalah UMKM. UMKM Kerupuk Pentol “Dua Jaya” di Desa Jatimulyo tidak memiliki manajemen usaha baik dalam Pengemasan, Pemasaran produk dan Pembukuan, sehingga umkm tersebut tidak memiliki target untuk mengembangkan usahanya. Dengan tujuan diantaranya adalah (1) Memberikan pengetahuan tentang   manajemen usaha Kerupuk Pentol “Dua Jaya”   dalam   pembukuan usaha dengan memberikan buku laba rugi, arus kas, buku stok barang,   buku pengeluaran barang dan buku pemasukan barang. (2) Meningkatkan pengetahuan tentang pengemasan produk selama kegiatan berlangsung mulai dari pelatihan sampai pada pendampingan secara langsung. (3) Mendorong UMKM Kerupuk Pentol “Dua Jaya” untuk melakukan pemasaran Go-digital yang sesuai dengan perkembangan zaman sehingga dapat meningkatkan penjualan   di masa pandemi Covid-19.

Kata kunci : UMKM, Go Digital, Covid-19

Published

2020-08-20