PEMBERDAYAAN HOME INDUSTRY BERBASIS DIGITAL MARKETING DESA JATIMULYO
Abstract
Munculnya temuan usaha Home Industry yang ada di Desa Jatimulyo sehingga perlu adanya bimbingan dalam memasarkan produk melalui pemasaran secara online atau E-Commerce. Usaha Home Industry yang ada di Desa Jatimulyo meliputi makanan dan minuman ringan seperti : Susu Kedelai, Rengginang Ikan, Roti Kloron, dan Biji Karet. Dengan adanya pemasaran produk melalui e-commerce bertujuan untuk : (1) Meningkatkan pengetahuan bagi pemilik usaha Home Industry di Desa Jatimulyo mengenai pemasaran secara online, (2) Mendorong pengusaha Home Industry yang ada di Desa Jatimulyo untuk menyadari bahwa keterampilan dalam memasarkan produk secara online atau e-commerce sangat di perlukan untuk mereka dalam meningkatkan pangsa pasar guna meningkatkan penjualan produknya. Kegiatan ini dilakukan selama tiga bulan dengan beberapa metode pelaksanaan yaitu observasi selama dua minggu, memberikan pembekalan informasi mengenai e-commerce selama satu minggu, pelatihan pembuatan akun selama satu minggu, pendampingan dilakukan selama dua bulan, dan evaluasi. Dengan metode yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh adalah : (1) Adanya peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi pemilik usaha Home Industry di Desa Jatimulyo yang diimplementasikan secara langsung melalui proses pemasaran produk secara online atau e-commerce, (2) Adanya peningkatan kesadaran dan keterampilan pemilik usaha Home Industry dalam memasarkan produk secara online atau e-commerce. Sehingga dengan adanya kegiatan ini pengusaha Home Industry yang ada di Desa Jatimulyo menjadi termotivasi dalam memasarkan produknya melalui e-commerce guna memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan.
Kata kunci : Pengetahuan, Home Industry, Keterampilan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v2i1.184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Majalah Ilmiah "CAHAYA ILMU"