HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Kualitas Pelayanan Pembuatan e-KTP dengan Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember”. Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 36 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling. Jenis data yang digunakan ada 2 yaitu data primer dan data sekunder, sumber data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari literatur, jurnal atau data-data yang berhubungan dengan tujuan penelitian yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Variabel penelitian ini 2, yakni kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Untuk mengukur kualitas pelayanan menggunakan teori (Tjiptono, 2008:72) yang meliputi: Bukti langsung (tangibel), Keandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan dan kepastian (assurance), Empati (emphaty). Sedangkan untuk mengukur kepuasan masyarakat menggunakan KEP/25/M.PAN/2/2004 membandingkan harapan dan kebutuhan yaitu Kesesuaian Harapan adapun item-itemnya ada 3 yakni Kepuasan atas prosedur dan persyaratan e-KTP, Kepuasan atas kompetensi staf yang memberikan pelayanan e-KTP, dan Kepuasan atas penanganan keluhan dan saran berkaitan dengan pelayanan e-KTP. Untuk mengukur hubungan antar variabel menggunakan Analisis Korelasi Product Moment. Hasil penelitian, menunjukan bahwa ada Hubungan Kualitas Pelayanan Pembuatan e-KTP dengan Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember yang dikategorikan hubungan tersebut kuat.
Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Korelasi Product Moment
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v2i1.179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Majalah Ilmiah "CAHAYA ILMU"