EVALUASI KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN (Studi Kasus : Di Sektor Pelayanan Loket PT. Pos Indonesia Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini kinerja PT. Pos Indonesia Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dapat dinilai kualitas kinerjanya melalui ketelitian dalam melakukan pekerjaan, tingkat keterampilan dan tingkat kesadaran akan kebersihan ruang lingkup kantor Pos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT. Pos termasuk kategori baik. Hal ini di tunjukkan dari beberapa aspek (1) Aspek kedisiplinan, tingkat kedisiplinan pegawai Pos yang tercermin melalui disiplin korektif pegawai berjalan dengan sangat baik dimana setiap pegawai melaksanakan setiap aturan yang berlaku sehingga suasana kondusif di tempat kerja mendukung untuk lebih berproduktif adapun hal yang diterapkan dalam kedisiplinan adalah: kedisiplinan dalam hal absen/kehadiran, kedisiplinan tentang kerapian, kedisiplinan tentang penyelesaian tugas. (2) Aspek pengembangan kerja, pegawai kantor pos mengikuti beberapa program yang diterapkan oleh departemen SDM seperti program pengembangan karir bagi pegawai, pegawai dapat merasakan manfaat yang positif atas program pelatihan kerja. (3) Produktivitas kinerja, dalam tingkat produktivitas para pegawai mampu menyelesaikan pekerjaan yang sesuai standart operating Prosedur (SOP) dan pegawai mampu menyelesaikan seluruh beban pekerjaan. (4) Gaji, faktor gaji pada pegawai cukup tinggi, mengingat produktivitas merupakan salah satu faktor pendukung tingkat pendapatan pegawai.
Kata kunci : Evaluasi, Layanan, dan Pegawai
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v1i2.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Majalah Ilmiah "CAHAYA ILMU"