Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan Google Maps dan Pemasaran Online

Authors

  • Rohim Rohim STIA Pembagunan Jember
  • Intan Erlinda Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan
  • Ervina Lailatus Sholihah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan
  • Fitrah Ramadhani Firmansyah Universitas Jember
  • Firra Andriani Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/mipi.v5i2.314

Keywords:

UMKM, Digitalisasi, Google Maps, dan Pemasaran Online.

Abstract

UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi baik di berbagai negara maupun Indonesia. Namun, berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM salah satunya yaitu pemasaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini agar UMKM di desa Wonojati Kecamatan Jenggawah mampu bertahan bahkan maju di tengah kerasnya persaingan usaha. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam pelatihan pembuatan Google Maps dan Pemasaran Online, yaitu: kesatu, Observasi ke Pemerintah Desa terkait data jumlah UMKM di Desa Wonojati. Kedua, Kolaborasi dengan mitra (ketua dan kelompok UMKM). Ketiga, Pelatihan pembuatan google maps dan pemasaran online. Keempat, Evaluasi.   Hasil dari pelaksanaan ini adalah: Kesatu, Lokasi UMKM terdeteksi google maps. Kedua, pelaku UMKM memiliki akun market place dan media sosial. Ketiga, Meningkatnya omset penjualan.

Author Biographies

Rohim Rohim, STIA Pembagunan Jember

ROHIM  Google Shcolar:  EkaRDQMAAAAJ&=enSINTA ID:  6198904

Intan Erlinda, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan

Ervina Lailatus Sholihah, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan

Fitrah Ramadhani Firmansyah, Universitas Jember

Firra Andriani, Universitas Jember

References

Albi Panatagama. (2021). 6 Manfaat Menggunakan Google Maps untuk Bisnis. Marketing and Public Relations Terralogiq. https://terralogiq.com/manfaat-google-maps-untuk-bisnis/

Anggraini, T. (2017). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam. IAIN Bengkulu.

Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, Dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59—64.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008, (2008).

Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2015). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa ( Study Kasus Mahasiswa Fisipol Universitas Islam Riau ). Jurnal Valuta, 1(1), 149—172.

Rohim, R, Asmuni, A., & Supriyadi, I. (2021). Social Entrepreneurship: Village Owned Enterprises Development Strategy. E-Proceeding Stie …, 2019, 100—105. http://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/eproceeding/article/view/447/417

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi.

Tulus T. H. Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. LP3ES.

Published

2022-12-25