Optimalisasi Daya Jual UMKM Mie Lidi melalui Inovasi Pemasaran

Nungky Viana Feranita

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada UMKM mie lidi “Mitra Abadi” milik Bapak Syamsul Hadi di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil observasi ditemukan fakta bahwa UMKM mie lidi tersebut menghadapi beberapa permasalahan yaitu muncul pesaing usaha mie lidi baik di Dusun yang sama maupun di daerah lain se-Kabupaten Jember, distribusi penjualan hanya di tujuh Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dan belum pernah melakukan promosi penjualan secara online. Tujuan kegiatan adalah guna mengoptimalkan daya jual UMKM mie lidi melalui inovasi pemasaran digital.

Pelaksanaan kegiatan dimulai bulan Juli sampai dengan Agustus 2022 di UMKM Mitra Abadi. Kegiatan ini melibatkan 2 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu sosialisasi tentang promosi penjualan melalui e-commerce, pelatihan pengambilan foto produk yang menarik, serta pembuatan akun dan posting foto di e-commerce.

Hasil kegiatan ini adalah Bapak Syamsul Hadi dan karyawannya telah mengetahui tentang promosi penjualan melalui e-commerce. Bapak Syamsul Hadi dan karyawannya telah mengetahui tentang cara mengambil foto produk yang menarik, telah memiliki foto produk yang menarik untuk diunggah di akun e-commerce, dan telah mengetahui cara posting foto di akun e-commerce. UMKM Mitra Abadi telah memiliki akun e-commerce yaitu Instagram dan Shopee, WA yang dimiliki sudah diubah menjadi WA bisnis.

Keywords


Daya Jual, Inovasi Pemasaran, Digitalisasi, UMKM

References


Anggoro, D., Hasugian, H., & Nofiyani. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di MasaPandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3): 384-391.

Chen, Y. (2006). Marketing Innovation. Journal of Economics and Management Strategy, 16(3).

Dewi, K. N. K. & Mahyuni, L. P. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada UMKM di Banjar Pitik untuk Daya Saing Usaha. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3): 716-724.

Feranita, N. V., Gumanti, T. A., Wahyudi, E., & Puspitaningtyas, Z. (2017). Determinants of Innovation in Small and Medium Enterprises in Jember, East Java, Indonesia. International Journal of Management and Administrative Sciences, 4(10): 15-23.

Feranita, N. V. (2018). Technological Innovation as A Key Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises. Proceedings of the 2nd International Conference on Economics and Business (ICEB), Jember, 31-38.

Guo, H., Yang, Z., Huang, R., & Guo, A. (2020). The digitalization and public crisis responses of small and medium enterprises: Implications from a COVID-19 survey. Frontiers of Business Research in China, 14: 1-25.

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2): 77-85.

Lutfi, M., Buntuang, P. C. D., Kornelius, Y., Erdiyansyah, & Hasanuddin, B. (2020). The impact of social distancing policy on small and medium-sized enterprises (SMEs) in Indonesia. Problems and Perspectives in Management, 18(3): 492-503.

Mukhlison, Santoso, H. B., Astikawati, A. S., Sari, I. P., & Wulandari, I. V. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing pada UMKM Lokal untuk Pemulihan Ekonomi di Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3): 107-122.

Papadopoulos, T., Baltas, K. N., & Balta, M. E. (2020). The use of digital technologies by small and medium enterprises during COVID-19: Implications for theory and practice. International Journal of Information Management, 55: 1-4.

Schallmo, D. R. A. & Williams, C. A. (2018). Digital Transformation Now! Guiding the Successful Digitalization of Your Business Model. Switzerland: Springer.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2): 36-50.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Urbach, N. & Röglinger, M. (2019). Digitalization Cases: How Organizations Rethink Their Business for the Digital Age. Switzerland: Springer.

Witschel, D., Döhla, A., Kaiser, M., Voigt, K. I., & Pfletschinger, T. (2019). Journal of Business Economics, 89: 1023-1095.




DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v5i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nungky Viana Feranita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135