Pengembangan UMKM dengan Menerapkan Manajemen Keuangan dan Strategi Operasi Pada UMKM Kerupuk Ibu Azizah

Dwi Widiantoro, Viony Budi Utomo, Dwi Khusnul Khotimah, Hakiki Ahsanul Musyafa, Nungky Viana Feranita

Abstract


Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak covid-19 Covid-19 mempengaruhi sektor perekonomian yang ada di Indonesia, Pemerintah telah banyak melakukan upaya untuk menanggulangi permasalahan yang dihadapi UMKM dan IRT. Meskipun sudah banyak UMKM dan IRT yang ada di desa Wonojati kebanyakan usaha tersebut mendapatkan dampak dari adanya Covid-19 mulai dari penjualan yang  menurun, modal usaha semakin sedikit dan berbagai masalah lain. Salah satu UMKM yang paling terdampak covid adalah UMKM Kerupuk Pentol yang dikelola oleh ibu Azizah yang terletak di Dusun Krajan. Metodelogi dalam penelitian ini antara lain adalah Observasi, pelatihan, Pendampingan, Evaluasi, Perbaikan, Keberlanjutan Kegiatan Setelah dilakukan perhitungan pada biaya bahan baku yang dikeluarkan dalam setiap produksi, dimana harga pokok produksi ini dapat dijadikan acuan dalam penentuan harga jual bahan baku. Setelah diketui Harga Pokok produksi Ibu Azizah dapat mengetahui Laba/Rugi usaha Kerupuk Pentol. Usaha Kerupuk Pentol Ibu Azizah dapat melakukan pemilihan bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan. saha Kerupuk Pentol dapat menjadwalkan Produksi yang dilakukan. Diharapkan Usaha Kerupuk Pentol Ibu Azizah dapat menerima bantuan dari pemerintah dan diikut sertakan dalam progrm yang dilakukan oleh pemerintahDengan dilakukan pencatatan keuangan dapat diketahui harga pokok produksi dan juga laba dari usaha Kerupuk Pentol Ibu Azizah Dengan dilakukannya pencatatan dan pemilihan bahan baku, Ibu Azizah dapat mengetahui kombinasi bahan dan merk yang sesuai untuk Pembuatan Kerupuk PentolDengan dilakukan penjadwalan produksi, usaha Ibu Azizah dalam menjalankan produksi dapat lebih terstruktur dan efisien Dengan mendaftarkan usaha pada Dinas Koperasi dan Website pemerintah diharapkan usaha Ibu Azizah dapat memperoleh bantuan dan diikut sertakan dalam program pemerintah.


Keywords


UMKM, Covid-19, Keuangan, Produksi

Full Text:

PDF

References


Afifah, Rifda Zahra. 2012. Analisis Bantuan Modal Dan Kredit Bagi Kelompok Pelaku Usaha Mikro Oleh Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Buffa, E. S., (1996). Manajemen Operasi dan Produksi Modern. 2 ed. Jakarta: Erlangga.

Indrayati. (2016). Sistem Informasi Akuntansi [Teori dan Konsep Desain SIA] (Cetakan Kedua ed.). Malang: Aditya Media Publishing.

Kusuma, H., (2009). Manajemen Produksi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mardiyatmo. 2008. Kewirausahaan. Jakarta: Yudisthira.

Mulyani, S., 2017. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Soemarso. (2004). Akuntansi Suatu Pengantar (Edisi 5 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Syamsudin, Lukman. 2001. Manajemen Keuangan Perusahaan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Widyaresti, Enggar Pradipta. 2012. Analisis Peran BRI Unit Ketandan dalam Pemberian Kredit Usaha Rakyat kepada Usaha Mikro dan Kecil Di Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v5i1.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nungky Viana Feranita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135