Sosialisasi Perencanaan Dan Penjadwalan Produksi Pada Industri Rumah Tangga Keripik Kedelai Di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember

Andrias Dwimahendrawan

Abstract


Perencanaan dan penjadwalan produksi merupakan salah satu kegiatan awal dalam suatu organisasi. Tahap ini meliputi penetapan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam suatu organisasi. Kegiatan dari perencanaan dan penjadwalan produksi adalah mempersiapkan rencana produksi, membuat jadwal penyelesaian, dan menyampaikan jadwal penyelesaian produksi. Tujuan perencanaan dan penjadwalan produksi adalah efektifitas dan efisiensi dalam penggunaan bahan baku dan proses produksi sehingga mendapatkan produk yang unggul dari segi harga dan kualitas.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai pada tanggal 20 November 2021 sampai dengan 18 Desember 2021 di Industri Rumah Tangga (IRT) Keripik Kedelai milik Ibu Siti Hasanah di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Kegiatan pengabdian ini dimelibatkan 5 (lima) orang mahasiswa dari Program Studi Administrasi Niaga dan Negara. Metode kegiatan ini, yaitu Observasi yang dilakukan oleh ketua pelaksana dan mahasiswa, sosialisasi tentang perencanaan dan penjadwalan produksi di IRT Keripik Kedelai milik Ibu Siti Hasanah, melakukan pelatihan, dan tahap terakhir melakukan monitoring dan evaluasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pendapatan IRT Keripik Kedelai milik Ibu Siti Hasanah melalui perencanaan dan penjadwalan produksi.

Hasil kegiatan pengabdian pada IRT Keripik Kedelai milik Ibu Siti Hasanah telah menerapkan perencaan dan penjadwalan produksi secara berkelanjutan. Ibu Siti Hasanah sudah mulai memproduksi keripik kedelai lebih sering dan tepat waktu sehingga konsumen yang akan membeli produknya dapat setiap saat mendapatkan di rumah produksi.


Keywords


Industri Rumah Tangga, Perencanaan, Penjadwalan, Produksi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v4i2.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andrias Dwimahendrawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135