Inovasi Penggunaan Media Sosial “Wa” Bisnis (Pelayanan Kantor Desa Wonojati)

Fadillah Endah Sunarsiyani

Abstract



Pelayanan publik pada Pemerintah Desa di Wonojati memerlukan adanya inovasi agar dapat menggunakan perkembangan digitalisasi media sosial yaitu “WA” Bisnis. Pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan penggunaan media sosial “WA” Bisnis (Pelayanan Kantor Desa Wonojati) ini ditujukan kepada perangkat desa agar bisa memanfaatkan teknologi digitalisasi yang lebih mudah dan terjangkau bagi masyarakat desa mengikuti perkembangan jaman.

Pelaksanaan kegiatan dimulai pada hari Kamis, tanggal 11 November 2021 di Balai Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah-Kabupaten Jember. Kegiatan ini melibatkan 5 (lima) mahasiswa, yaitu: Risang Prasetyo, Muhammad Widyanto, Haggy Rosyadi, Afifatur Rohmah, dan Khoirotul Fitriya. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu: pertama dengan mengadakan sosialisasi kepada Perangkat Desa Wonojati mengenai kegunaan media sosial sebagai sarana inovasi pelayanan publik yang mudah dijangkau masyarakat, khususnya pada penggunaan “WA” Bisnis; kedua dengan pelatihan membuat akun “WA” Bisnis beserta pengenalan fitur-fitur di dalamnya yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat; dan yang ketiga diharapkan Kantor Desa Wonojati dapat menyambut baik dan mengimplementasikan untuk seterusnya. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi edukasi dan pelatihan penggunaan “WA” Bisnis yang lebih memudahkan proses pelayanan kepada masyarakat, khususnya apabila ada permintaan permohonan pengurusan adminduk masyarakat yang diluar jam kerja Kantor Desa Wonojati dapat ditampung, sehingga dapat memperpendek waktu tunggu pengurusan berkas kelengkapan adminduk masyarakat.

Hasil kegiatan ini ialah Pemerintahan Desa Wonojati, khususnya bagi Perangkat Desa Wonojati dapat mengetahui dan memanfaatkan perkembangan teknologi digitalisasi dengan cara penggunaan “WA” Bisnis sehingga dapat memudahkan pada pelayanan kepada masyarakat.

 

 



Keywords


Pelayanan Publik, Pemerintahan Desa, “WA” Bisnis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v4i1.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadillah Endah Sunarsiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135