Pengembangan Dan Inovasi Produk Tempe Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro

Nungky Viana Feranita

Abstract


     Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada usaha mikro tempe milik Ibu Murti’ah di Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Selama 45 tahun usaha tersebut berdiri, belum memiliki Surat Keterangan Usaha dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. Selain itu, usaha tersebut hanya memproduksi tempe yang dikemas dengan daun pisang. Ibu Murti’ah juga belum pernah melakukan diversifikasi produk olahan tempe.

Pelaksanaan kegiatan dimulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2021 di usaha mikro tempe milik Ibu Murti’ah. Kegiatan ini melibatkan 5 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Niaga dan Negara. Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengurusan SKU dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember, sosialisasi pentingnya pengembangan dan inovasi produk, pengembangan produk tempe, dan inovasi produk tempe. Tujuan kegiatan adalah guna meningkatkan daya saing usaha mikro tempe milik Ibu Murti’ah.

Hasil kegiatan ini adalah usaha mikro tempe milik Ibu Murti’ah telah memiliki SKU dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. Ibu Murti’ah sudah mengetahui tentang pengembangan dan inovasi produk. Pengembangan produk tempe dilakukan dengan pengemasan menggunakan plastik, varian harga bertambah Rp500 dan Rp1.000, serta pemberian label usaha. Ibu Murti’ah melakukan inovasi produk tempe mentah menjadi keripik dan basreng tempe.


Keywords


Pengembangan Produk, Inovasi Produk, Daya Saing, Usaha Mikro.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v4i1.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nungky Viana Feranita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135