Pengaruh Tourism Destination Familiarity dan Perceived Nostalgia Terhadap Revisit Intention Tempat Wisata Coban Rondo Malang Pada Wisatawan Gen-Z
DOI:
https://doi.org/10.37849/mici.v7i2.464Keywords:
Tourism Destination Familiarity, Perceived Nostalgia, Revisit Intention, Gen-ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Tourism Destination Familiarity dan Perceived Nostalgia terhadap Revisit Intention wisatawan di Coban Rondo, Malang, dengan mempertimbangkan Gen-Z sebagai variabel moderasi. Penelitian ini melibatkan 186 responden dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa familiaritas terhadap destinasi dan nostalgia yang dirasakan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat berkunjung kembali. Namun, Gen-Z tidak memoderasi hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap revisit intention. Artinya, baik familiaritas maupun nostalgia berpengaruh secara langsung terhadap niat kunjungan ulang, namun pengaruh tersebut tidak berbeda signifikan pada wisatawan Gen-Z dibandingkan generasi lainnya.
References
Anggraeni, T. (2024). Model Historical Tourist Engagement Dalam Membangun Loyalitas Wisatawan Di Jawa Barat. Mega Press Nusantara.
Anggraini, F., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di kalangan generasi Z: Literature review. Journal of Management and Creative Business, 3(1), 62-73.
Anisa, N., & Lindawati, Y. I. (2024). Peningkatan Kunjungan Wisatawan: Tinjauan Terhadap Strategi Promosi dan Pengembangan Destinasi Wisata Tasikardi. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 131-142.
Bambang Supriadi, S. E., & Roedjinandari, N. (2017). Perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata. Universitas Negeri Malang.
Daru, R. S., Hudayah, S., Tricahyadinata, I., & Hariyadi, S. (2024). Citra Destinasi dan Pengalaman Pariwisata Berkesan. Deepublish.
Fadilla, H. (2024). Pengembangan Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah di Indonesia. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(1), 36-43.
Fatimah, N. C., & Primadewi, S. P. N. (2024). Memperkaya Pengalaman Pengunjung: Penelitian Restoran Multi Sensori Untuk Meningkatkan Kepuasan-Studi Kasus Henshin Japanese Restaurant. Jurnal Wastuloka, 2(2), 13-20.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, Marko. 2017. A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (Second Edition).
Havifa, M. (2024). Pengaruh Destination Image, Perceived Value, Service Quality Terhadap Visitor Satisfaction Dan Revisit Intention: Studi Kasus Di Taman Ismail Marzuki (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Irfandi, R., & Nain, U. (2024). Pengembangan Objek Wisata Pantai Mutiara Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Gumanano Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara (Doctoral dissertation, IPDN).
Mehmetoglu, M., & Venturini, S. 2021. Structural equation modelling with Partial Least Squares using stata and research.
Monika, M. (2024). Collaborative Governance dalam Pengelolaan Pariwisata Pantai Parangtritis (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa STPMD" APMD").
Nafis RW. Inovasi, Kepercayaan, Dan Electronic Word Of Mouth Untuk Mendorong Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. 2021 Apr 21;6(1):129-37.
Nafis RW, Sutrisno S. The effect of tourism attractiveness and destination image on revisit intention through tourist satisfaction (Study on domestic tourists of Mount Bromo, Malang, East Java). European Journal of Business and Management. 2019 Apr 30;11(11):92-7.
Pradina AF, Elmas M, Nafis RW. The Effect of Innovation, Accessibility and Trust on User Satisfaction of Economy Class Railway Services DAOP IX Probolinggo Station. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM). 2024 Feb 22;9(1):10-21.
Putra, M. K. (2021). Identitas gastronomi dan perspektif pariwisata yang berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(1), 95-110.
Rahmawati, A., & Hanif, A. (2025). Fasilitas dan Pelayanan Prima: Meningkatkan Minat Wisatawan Untuk Berkunjung Kembali Ke Pantai Watulawang, Kabupaten Gunungkidul: Facilities and Excellent Service: Enhancing Tourists’ Interest To Return To Watulawang Beach, Gunungkidul Regency. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 46-56.
Ratih, I. K. (2024). Mediasi Kepuasan Dalam Pengaruh Pengalaman Emosional Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Pantai (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
RENDUSARA, T. H. (2024). Pengaruh Destination Image Terhadap Travel Motivation, Perceived Value, Dan Electronic Word Of Mouth Untuk Melakukan Revisit Intention Pada Art Museum" Sudut Cerita" Kota Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Riskayanti, R. (2024). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali ke Objek Wisata Salupajaan di Desa Batetangnga (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Sihombing, D. A., Ellysabeth, E., & Ariyanto, H. H. (2024). Analisis Place Attachment Dan Familiarity Terhadap Destination Loyalty Pada Pengunjung Pantai Di Kota Batam. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 17(3), 1083-1091.
Sihombing, S. O., & Antonio, F. (2024). Pemasaran Desa Wisata dengan Fokus pada Memorable Tourism Experience. Penerbit NEM.
Sulistiowati, I. (2022). Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Sarana Dan Prasarana Pada Kawasan Objek Wisata Pantai Jungwok Kab Gunung Kidul Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Tela, D. N., Mertha, I. W., & Prabawa, I. W. S. W. (2019). Memorable Tourist Experience Wisatawan Terhadap Wisata Kuliner Di Kawasan Pariwisata Pantai Kedonganan Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(3), 68-86.
Tunjungsari, H. K. (2025). Komunikasi dalam Pemasaran Destinasi. Takaza Innovatix Labs.
Wahdiniawati, S. A., Apriani, A., Perkasa, D. H., & Magito, M. (2025). Dampak Memorable Tourism Experiences terhadap Revisit Intention pada Kunjungan Wisata ke Bali. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 8(1), 635-646.
Zakiah Rahma Zahara, Z. (2024). Pola Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Pariaman Dalam Mempertahankan Eksistensi Pulau Angso Duo Sebagai Daya Tarik Wisatawan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M.Novan Fithrianto, Raihan Wishal Nafis, Mufid Andrianata, Judi Suharsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.