Inovasi Pelayanan Samsat Surabaya di Era Digital: Studi Kasus Aplikasi e-Samsat Jatim
DOI:
https://doi.org/10.37849/mici.v7i2.463Keywords:
Aplikasi e-Samsat Jatim, Pelayanan Samsat, Teori Difusi InovasiAbstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi aplikasi e-Samsat Jatim di Surabaya, sebuah inovasi dalam pelayanan Samsat yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengguna aplikasi, petugas Samsat, dan pemangku kepentingan terkait, serta observasi langsung terhadap implementasi aplikasi. Data dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi e-Samsat berdasarkan indikator-indikator teori difusi inovasi, termasuk keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, trialability, dan observability. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi e-Samsat telah memberikan dampak positif terhadap layanan Samsat, dengan tingkat adopsi sekitar 80% di antara pengguna yang membayar pajak melalui aplikasi tersebut. Pengurangan antrian yang signifikan di kantor Samsat dan peningkatan kenyamanan publik adalah temuan utama dari penelitian ini. Kesimpulannya, aplikasi e-Samsat telah berhasil meningkatkan efisiensi layanan, namun masih diperlukan peningkatan infrastruktur telekomunikasi dan pelatihan bagi masyarakat yang kurang familiar dengan teknologi. Rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan sosialisasi, pelatihan, dan infrastruktur untuk mempercepat adopsi teknologi dan memastikan pemerataan akses di seluruh wilayah Surabaya.
References
Aini, N., & Furqon, I. K. (2023). Memahami Efektivitas E-Samsat Sebagai Media Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Perpajakan, 5(1), 18. Https://Doi.Org/10.54248/Jurnalperpajakan.V5i1.4026.
Alting, F., Suwito, S., & Sardju, F. (2024). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Ekonomika45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), 395-412. Https://Doi.Org/10.30640/Ekonomika45.V11i2.2545.
Ariska, S., Sahnan, M., Rahmarisa, F., & Iriani, I. (2024). Pengaruh Penerapan Sanksi Perpajakan Dan Layanan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Medan Utara. Jekkp (Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Kebijakan Publik), 6(1), 79-87. Https://Doi.Org/10.30743/Jekkp.V6i1.9492.
Nadhira, R., Hamdi, H., Putri, S. A. E., & Shakilla Ervi, T. (2024). Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Warga Negara Dalam E-Government: Pelajaran Yang Dipetik Dari Situs Web Jakarta Covid-19. Layanan & Penggunaan Informasi, 44(2), 121-138. Https://Doi.Org/10.3233/Isu-240229.
Prabowo, I. C., & Ramadhia, M. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Keberhasilan Adopsi Aplikasi Samsat Digital Nasional (Simbul) Untuk Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Educoretax, 4(7), 932-941. Https://Doi.Org/10.54957/Educoretax.V4i7.938.
Rindiyani, R., & Faisol, M. (2023). E-Samsat: Sarana Untuk Membantu Dan Memudahkan Wajib Pajak Melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Ristansi: Riset Akuntansi, 4(1), 1-15. Https://Doi.Org/10.32815/Ristansi.V4i1.1676.
Septiani, J., & Siringoringo, W. (2022). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Kemudahan Penggunaan E-Samsat Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Bekasi. Jaaf (Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Terapan), 6(2), 92. Https://Doi.Org/10.33021/Jaaf.V6i2.3870.
Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual ± Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen). Jurnal Dialektika, 4(1), 45-64.
Wahyudi, S. (2019). Teori Inovasi. Jurnal Valuta, 5(2), 93-101.
Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Program E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Samsat Daerah Istimewa Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(2). Https://Doi.Org/10.31316/Akmenika.V15i2.999.
Wibowo, F. S., Whetyningtyas, A., & Handayani, R. T. (2023). Pengaruh Program E-Samsat, Samsat Keliling, Kepuasan Wajib Pajak Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 4(4), 1368-1373. Https://Doi.Org/10.47065/Ekuitas.V4i4.3278.
Wijaya Turnip, M., Humaizi, & Thamrin, M. H. (2024). Pengaruh Layanan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Uptd Pependa Medan Selatan. Perspektif, 13(4), 1049-1058. Https://Doi.Org/10.31289/Perspektif.V13i4.12913.
Wilander, J. (2023). Pengaruh Sosialisasi, Kualitas Sistem Aplikasi, Pengetahuan Penggunaan Aplikasi, Dan Penggunaan Aplikasi E-Samsat Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Kota Bekasi). Jurnal Terapan Akuntansi Perpajakan, 2(2), 1-11. Https://Doi.Org/10.14710/Taaij.2023.20020.
Wulandari, E. R., & Salomo, R. V. (2021). Evaluasi Kebijakan Dan Faktor-Faktor Keberhasilan Penerapan E-Government Pajak Parkir Di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 4(2), 155. Https://Doi.Org/10.24198/Jmpp.V4i2.30701.
Zubaidah, E., & Lubis, E. F. (2021). Inovasi Layanan Aplikasi E-Samsat Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Provinsi Riau. Jurnal Niara, 14(2), 120-125. Https://Doi.Org/10.31849/Niara.V14i2.5216
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Budi Hariwibowo, Eny Haryati, Aris Sunarya , Widyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.