Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Administrasi Terhadap Kualitas Pelayanan di Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Authors

  • Mohammad Baladdudin Dayar Universitas Mochammad Sroedji Jember
  • Khusnul Khotimah Universitas Islam Jember
  • Aliyatul Laila Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/mici.v7i1.436

Keywords:

Digitalisasi, Pelayanan Administrasi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pelayanan berbasis digital telah menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, selain karena dapat meringankan beban kerja staf, tidak perlu lagi menyiapkan atau menumpuk berkas (hardcopy), pelayanan berbasis digital juga dapat memenuhi tuntutan masyarakat dalam melakukan pelayanan dengan baik terkait waktu, biaya, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh digitalisasi pelayanan administrasi terhadap kualitas pelayanan di Kecamatan Balung Kabupaten Jember.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal, dimana hubungan kausal merupakan hubungan yang bersifat sebab akibat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil penyebaran kuesioner, rata-rata distribusi jawaban dari 65 responden berkategori setuju yaitu sebesar 56,4%, dan 43,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menyatakan bahwa digitalisasi pelayanan administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Namun dalam pelayanan berbasis digital perlu adanya kesiapan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) supaya dapat memudahkan mereka dalam melakukan pelayanan berbasis digital tersebut

References

Badruddin, S. (2020). Transformasi digital dalam pelayanan publik. zahir publishing.

Cahya Ningtyas, V. N., & Angin, R. (2023). Inovasi Menuju Transformasi Digital dalam Pelayanan Publik Kajian Sistem Manajemen Pelayanan Desa (SIMPEDA) di Desa Balung Lor. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/par.v1i1.1937

Karim, N., Hendriyaldi, H., & Rohayati, W. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Melalui E-Service Quality Di Kota Jambi. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 135–150. https://doi.org/10.25299/jiap.2020.vol6(2).5964

Keputusan Menpan RB RI. (2021). Keputusan MenPAN RB Nomor 1503 Tahun 2021.

Marwiyah, S. (2023). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Era Digitalisasi. 219.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Journal Artikel, 20.

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.

Suprianto, B. (2023). Literature Review : Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. 8(2), 123–128.

Downloads

Published

2025-02-15