Analisis Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Lamongan

Yanto Susilo, Ika Devy Pramudiana, Muhammad Khairul Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Lamongan. Kualitas pelayanan yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kepuasan wajib pajak dan kepatuhan dalam membayar pajak tepat waktu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada wajib pajak yang mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor. Analisis dilakukan menggunakan model Servqual, yang meliputi lima dimensi utama: keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan bukti fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Kantor Samsat Kabupaten Lamongan masih perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek daya tanggap dan empati. Namun, dimensi keandalan dan bukti fisik sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan termasuk pelatihan bagi petugas pelayanan dan peningkatan fasilitas fisik di Kantor Samsat. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi pengelola Samsat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan wajib pajak.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Pajak Kendaraan Bermotor, Kepuasan Wajib Pajak, Servqual

References


Akbar Najam, B., & Handoyo. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Metode Servqual Dan Kano (Studi Kasus Wajib Pajak Pkb Di Kantor Bersama Xyz). Juminten : Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi , 1(2), 57–68.

Deby, L., Putri, M., & Mutiarin, D. (2019). Efektifitas Inovasi Kebijakan Publik; Pengaruhnya Pada Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 1–16.

Dianti, M., & Hasymi, A. M. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Intensitas Aset Tetap Dan Fasilitas Terhadap Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif The Effect Of Profitability, Leverage, Company Size, Intensity Of Fixed Assets And Facilities On Tax Management With Effective Tax Rates Indicators. Dalam Journal Of Accounting Science (Vol. 4, Nomor 1).

Erlianti, D., Tinggi, S., Lancang, I. A., Dumai, K., Gunung, J., No, M., Dumai, B. A., Pelayanan, K., & Jaminan, P. E. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Kata Kunci (Vol. 1, Nomor 1). Http://Ejournal.Stia-Lk-Dumai.Ac.Id/Index.Php/Japabis

Gilang, P. R. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Surabaya Barat Uptd Dispenda Propinsi Jatim. 1–111.

Hayani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasanmasyarakat Pada Kantor Kelurahan Mangasa Kota Makassar.

Hidayat, I., & Maulana, L. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tangerang. Bongaya Journal For Research In Accounting, 5(1), 11–35.

Kurniawan, W., & Hudayati, A. (2021). Pengaruh Keadilan Distributif, Kepercayaan Kognitif Dan Afektif Terhadap Kepatuhan Pajak Sukarela. 3, 227–237. Https://Doi.Org/10.20885/Ncaf.Vol3.Art20

Marfila, R. R., Sofianty, D., & Nurhayati, N. (2019). The Influence Of Tax Service Quality And Tax Knowledge On Taxpayer Compliance In Paying Motor Vechicle Taxes (Survey On Tax Payers At Samsat Pajajaran Kota Bandung). Kajian Akuntansi, 2(1).

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model Of Service Quality And Its Implications For Future Research. Journal Of Marketing, 49(4), 41. Https://Doi.Org/10.2307/1251430

Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual ± Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.

Ula, A. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Servqual Dan Ahp (Studi Kasus: Pasien Rawat Inap Kelas Tiga Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Salatiga).

Wiratno. (2020). Implementasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Supremasi Hukum, 16(2), 1–23.

Zain, D., Sunarsih, & Sulaiman. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Eksos, 15(2), 105–120.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v6i2.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yanto Susilo, Ika Devy Pramudiana, Muhammad Khairul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Related Issue

  • Slot Online: Game Judi Terpopuler dan Viral
  • Slot Demo: Permainan Slot Gratis Dengan Akun PG Slot88
  • Wargabet: Situs Live Casino Terlengkap
  • Akun Demo Slot: Akses Permainan Slot Demo Percobaan
  • Slot Gacor: Judi Online Mudah JP Maxwin
  • Slot Gratis: Main Game Online Tanpa Deposit
  • Pragmatic Demo: Slot Mirip Asli Infinistaging
  • Idn Poker: Situs Judi Wargapoker Online Terpercaya
  • Joker123: Agen Joker Gaming Terbaru