Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bidang Kependudukan di Kantor Kepala Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.37849/mici.v6i1.410Keywords:
Kualitas, Pelayanan, KependudukanAbstract
Penelitian ini mengkaji dan menganalisis mengenai Kualitas Pelayanan Pada Bidang Kependudukan di Kantor Kepala Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum optimalnya pembinaan terhadap masyarakat tentang dokumen-dokumen kependudukan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan belum optimalnya dalam kepastian waktu kehadiran pegawai. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi pada bidang kependudukan di Kantor Kepala Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengacu pada teori Parasuraman dkk bahwa kualitas pelayanan dapat di ukur dengan 5 dimensi yaitu : tangible, reliability, responsiviness, assurance dan emphaty. Berdasarkan 5 dimensi tersebut hasilnya diketahui bahwa pegawai Kantor Kepala Desa Jubung telah memberikan pelayanan konsisten dengan apa yang diharapkan masyarakat ketika menggunakan layanan berkualita, tetapi masih terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pemberian pelayanan pada bidang kependudukan. Adapun faktor penghambatnya meliputi masih terdapat sarana dan prasarana yang belum memadai, sumber daya manusia, kurangnya informasi yang dapat diakses dan tidak terdapat kotak kritik & saran.References
Andriani, R., & Saharuddin, E. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa Samili. The Journalish : Social and Government, Volume 2 N(6), 81—88.
Ardayanti, S. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal, 2(1), 1—25. https://doi.org/10.37950/wpaj.v3i1.1076
Darmawan, A., Fitriana, J., Setiawan, A. A., & ... (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan. Jurnal Bina …, 4(3), 296—303.
Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik (1 st). PT Raja Grafindo Persada.
Makmun, S., & KHOIRIYAH, M. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di UPT. Puskesmas Ambulu. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 19(2), 88—107.
Maniagasi, G. (2016). Memahami Perilaku Birokrasi Pelayanan Publik. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Jayapura.
Maulana, M. I., & Galuh. (2019). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kantor kepala desa citeras kecamatan malangbong kabupaten garut. 4536—4546.
Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. CV. Indra Prahasta.
Parasuraman., Valerie, A. Z., & Berry, L. (2011). . A Conceptual Model Of Service Quality And Its Implication For Future Research. Journal Of Marketing, Volume 49.
Rangan, G. A. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kanaan Kecamatan Bontang Barat. EJournal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 507—520.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung, Alfabeta.
Zamroni, Z., Afifuddin, A., & Widodo, R. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi …. Respon Publik, 13(2), 75—82.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.