Implementasi Kebijakan Program Sistem Informasi Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember

Ahmad Ramadhani Rozak, Rohim Rohim

Abstract


Penyelenggaraan administrasi kependudukan pada hakekatnya bentuk pengakuan negara untuk memberikan perlindugan atas peristiwa kependudukan yang di alami oleh penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan program sistem informasi pelayanan (SIP) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yg dipakai merupakan observasi, wawancara & dokumentasi. Teknik identifikasi informan dilakukan dengan metode purposive sampling, dalam penelitian ini melibatkan 3 informan utama. Data dalami penelitian ini dikumpulkan dari berbagaii sumberr data, yaitu data primerr dan sekunder. Teknik analisa data yang digunakan ialah reduksii data, penyajian, dan verifikasi. Teknik validasi data yang pakai adalah metode triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi kebijakan dalam program sistemi informasi pelayanani (SIP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupateni Jember dari faktor komunikasi, disposisi dan struktur birokrasi sudah cukup baik. Sedangkan  sumber daya masih perlu adanya perbaikan. 


Keywords


ImplementasiaKebijakan, Pelayanan Publik, SistemsInformasi Pelayanana(SIP)

References


Agustino, Leo. 2017. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Badjuri, Abdulkahar dan Yuwono, Teguh. 2002. Kebijakan Publik Konsep dan Strategi. Semarang: Universitas Diponegoro

Edwards III, George C,. 1980. Implementing Public Policy, Congressional Quarterly Inc., United States of America.

Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World, Princnton University Press, New Jersey.

Islamy, M. Irfan. 2004. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Meter, Donald Van, dan Carl Van Horn. 1975. "The Policy Implementation Process: A Conceptual Frameworkdalam Administration and Society 6. 1975, London: Sage.

Mustari, Nuryanti. 2015. Pemahaman kebijakan publik: formulasi, implementasi dan evaluasi kebijakan publik.. Yogyakarta : Leutika Prio

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik (Teori,Proses, dan Studi Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2013 Tentang pelaksanan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Administrasi Kependudukan

Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Kebijakan Teknis dan Pelaksanaan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

https://sipdispendukcapiljember.id/05 Desember 2021

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i2.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Ramadhani Rozak, Rohim Rohim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135