Strategi Diferensiasi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Di Pabrik Pia Basah “DC” Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Emi Fahrun Nisa, Sampir Andrean Sukoco

Abstract


Strategi diferensiasi yang efektif dan efsien merupakan salah satu cara untuk menciptakan keunggulan dalam bersaingdi dunia bisnis. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, informan dalam penelitian ini dipilih peneliti karena memiliki kompetensi dibidangnya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data pada penelitian ini mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pabrik pia basah “DC” Jenggawah melakukan berbagai cara strategi diferensiasi untuk menciptakan keunggulan bersaing. Strategi diferensiasi tersebut adalah diferensiasi produk pada dimensi bentuk, keistimewaan, dan daya tahan pia basah “DC”. Kemudian diferensiasi pelayanan pada dimensi kemudahan pemesanan dan pengiriman, diferensiasi personil terletak pada kemampuan dan karyawan yang dapat diandalkan. Serta diferensiasi saluran dan citra.


Keywords


Manajemen Strategi, Keunggulan Bersaing, Strategi Diferensiasi.

References


Follet, Mary Poker. 2007. Manajemen. Jakarta: Indeks.

Ibrahim. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Jatmiko, RD. 2004. Manajemen Strategi, Edisi Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip., dan Armsrtrong, 2001, Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., dan Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management, The Millennium Edition, International Edition, New York, Prentice Hill

Kotler, Philip. 2005. Manajemen pemasaran, Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. . Jakarta: Erlangga.

Moleong. Lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stephanie, K. Marrus. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen cetakan ke tiga. Bandung: CV Alfabeta

Sukoco, Sampir Andrean. 2019. New Komunikasi dan Pemasaran. Jember. CV Pustaka Abadi.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Taufiqurrahman dan Evi Satipsi. 2018. Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang: Peberbit UMM Press.

Tjiptono Fandy. 2012, Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta, Andi




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i2.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Emi Fahrun Nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135