PENGARUH PENERAPAN ABSENSI SIDIK JARI (FINGER PRINT) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEDISIPLINAN KARYAWAN CV. INDORAGA PERSADA JEMBER

Nuril Hilal, Alifian Nugraha

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Absensi Sidik Jari (Finger Print) dan Motivasi Kerja Terhadap Kedisiplinan Karyawan di CV. Indoraga Persada Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan dan pekerja lapangan di CV. Indoraga Persada. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sebanyak 63 responden. Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan absensi sidik jari (finger print) dan motivasi kerja berpengaruh sebesar 9,3% terhadap kedisiplinan karyawan yang diketahui dengan F sebesar 4,176. Secara parsial, variabel absensi sidik jari (finger print) tidak berpengaruh terrhadap kedisiplinan karyawan. Sedangkan variabel motivasi kerja berpengaruh terhadap kedisiplinan karyawan sebesar thitung 2,303. 


Keywords


Absensi sidik jari, motivasi kerja, kedisiplinan karyawan, regresi linier berganda.

References


Buku

Ardana, I Komang, dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bohlander, George, and Snell. 2010. Principles of Human Resource. OH: South Western – Cengange Learning.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu SP. 1994. Manajemen Sumber Daya Manusia Dasar dan Kunci Keberhasilan, Jakarta: PT. Midas Surya Gravindo.

________. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nugroho, Eko. 2009. Biometrika Mengenal Sistem Identifikasi Masa Depan. Yogyakarta: Andi Offset.

Siswanto, H.B. 2009. Pengantar Manajemen, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soejono. 2000. Sistem Dan Prosedur Kerja, Jakarta: Bumi Aksara.

Soekiman, A, dan Purnomo, P. 2010. Motivation Strategi to Increase Project Team Performance in Construction Industry. Makassar: Unhas.

Jurnal

Inayatillah. 2015. Dampak Penerapan Absensi Sidik Jari (Finger Print) Terhadap PNS Perempuan Di Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Vol. 1 No. 2. Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/download/787/617 diakses pada tanggal 9 Desember 2018.

Syarkani. 2017. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Panca Konstruksi Di Kabupaten Banjar Vol 3 No.3. Universitas Achmad Yani Banjarmasin. http://scholar.google.com/citations?user=FKCOzZQAAAAJ&hl=en diakses pada tangal 11 Desember 2018.

Utomo, Sulistyo. 2010. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP) Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. CV. Berkat Cipta Karya Nusantara Surabaya Vol. 6 No. 376-393. http://scholar.google.com/citations?user=ce4D520AAAAJ&hl=en diakses pada tanggal 11 Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i1.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nuril Hilal, Alifian Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135