PEMASARAN ONLINE PRODUK TAPE DI ERA COVID-19 MASFUFAH PRODUK DESA JATISARI

Erika Ayu Eristin, Ahmad Ramadhani Rozak, Syamsudin Syamsudin, Nungky Viana Feranita

Abstract


Setiap daerah mempunyai potensi yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan dari daerah tersebut. Produk-produk unggulan tersebut harus terus dikembangan sehingga akan menjadi besar. Pengembangan produk unggulan ini tentunya akan mendukung pengemabangan ekonomi dari daerah yang bersangkutan khusunya daerah Jatisari. Pengembangan ekonomi lokal juga akan mendukung masyarakat yang bersangkutan berkembang ikut serta melakukannya. Pengembangan ekonomi lokal yang bertumpu pada produk unggulan tidak dapat dilakukan oleh pengusaha saja. Di era COVID-19 dengan adanya new normal pengusaha UMKM berpindah dengan cara marketing digital ini perlu adanya dukungan dari pemerintah maupun stakeholders lain yang bergerak dalam pengembangan ekonomi lokal. Dukungan pemerintah tentunya diperlukan dengan membuat kebijakan yang mendukung pengembangan produk unggulan tape. Sementara itu stakeholders lainnya membantu para pengusaha dalam mengembangkan produknya sehingga dapat berkembangan dan dikenal diluar daerah.

Kata kunci: COVID-19, UMKM, digital marketing, stakeholders


References


Dedi, Rianto Rahadi dan Mifta, Farid .(2011). Pemanfaatan Jejaring Sosial Dalam Medukung Keunggulan Bersaing ( studi UKM di Kota Palembang). Program Studi Ilmu Komunikasi, Skripsi, Universitas Bina Darma Palembang. Diakses tanggal 08 Januari 2021, pukul 10.00 WIB.

Hidayatullah, Syareif. (2020).

https://marketingcraft.getcraft.com/idarticles/memahami-jenis-jenis-media-sosial. Diakses tanggal 08 Januari 2021, pukul 09.15 WIB.

Imran, Hasyim Ali,. (2009) Aktifitas Komunikasi dan Situs Jejaring Sosial. Jurnal Komunikasi Masa. Diakses tanggal 02 Januari 2021, pukul 19.00 WIB.

Lang, Kurt, & Gladys Engel (2009). Mass Society, Mass Culture, and Mass Communication: The Meaning of Mass, International Journal of Communication 3:University of Washington. Diakses tanggal 03 Januari 2021, pukul 19.30 WIB.

Nathania, Raissa. (2019).https://glints.com/id/lowongan/strategi-instagram-marketing/. Diakses tanggal 01 Januari 2021, pukul 21.00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v2i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Majalah Ilmiah "CAHAYA ILMU"



View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135