PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMKRATIS, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI UPT PUSKESMAS AMBULU KABUPATEN JEMBER

Della Rosa Gunawan, Ibnu Supriyadi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, budaya organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai baik secara parsial ataupun simultan di Kantor UPT Puskesmas Ambulu. Jumlah populasi pada pada penelitian ini sebanyak 95 pegawai, penentuan sampel  menggunakan rumus slovin sehingga ditemukan 77 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian baik secara parsial ataupun simultan menunjukan gaya kepemimpinan demokratis, budaya organisasi, dan motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini dilihat berdasarkan hasil uji t untuk gaya kepemimpinan demokratis (X1) terhadap kinerja pegawai (Y) menunjukan nilai signifikasi 0,008 yang lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, dan nilai thitung 2,730 lebih besar dari pada ttabel 1,66600. Untuk budaya organisasi (X2) menunjukan nilai signifikasi 0,007 yang lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, dan nilai thitung 2,787 lebih besar dari pada ttabel 1,66600. Selanjutnya pada motivasi kerja (X3) menunjukan nilai signifikasi 0,024 yang lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, dan nilai thitung 2,304 lebih besar dari pada ttabel 1,66600. Sedangkan untuk pengujian secara simultan menyatakan jika nilai signifikasi 0,000, artinya nilai signifikan lebih kecil dari probabilitas 0,05. Untuk nilai fhitung sebanyak 17,660 dan nilai ftabel sebanyak 2,73 yang artinya (fhitung >  ftabel).

 

Kata Kunci:   Gaya Kepemimpinan Demokratis, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja  dan Kinerja Pegawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armstrong, Michael. 2006. A Handbook of Human Resource Management Practice Edition. London: Kogan Page.

Astuti dan Deyas. 2010. Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan MotivasiTerhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Semarang). Tesis UNISSULA.

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kаdаrismаn, M. 2012. Mаnаjеmеn Pеngеmbаngаn Sumbеr Dаyа Mаnusiа. Jаkаrtа: Rаjаwаli Pеrs.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Cetakan ketiga Rosdakarya.

Mondy, R. Wayne, and Robert M. Noe. 2005. Human Resource Management. Ninth Edition. USA: Prentice Hall.

Mulyadi, Deddy. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan, Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Robbins. 2010. Manajemen Sumbe Daya Manusia. Bandung:Alfabeta.

Schein. 2004. Organizational Culture and Leadership. Third Edition. San Francisco: Published by Jossey-Bass.

Sobirin. 2007. Budaya Organisasi Pengertian, Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta : IBPP STIM YKPN.

Soetopo, Hendyat. 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, dkk. 2016. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. Journal of Management, 2 (2), Hal 1-11.

Taylor, Edward B. 1887. Primitive Culture: Researches into the Developmen of Mythology, Philosophy, Religion, Art, anf Cumtom. New York: Henry Holt.

Thoha , Miftah. 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahjosumidjo. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raya Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.