IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI INSTALASI RAWAT JALAN PENYAKIT DALAM RSD Dr. SOEBANDI JEMBER

Maretha Anggraeni, Ibnu Supriyadi

Abstract


ABSTRAK

Meningkatnya kebutuhan akan pengolahan informasi yang efisien, efekti, dan akuntabel, di butuhkan sarana berupa sistem informasi. Sistem informasi dapat dimanfaatkan juga untuk membantu dalam memperlancar dan mempermudah khususnya dalam bidang penyelenggaraan Rumah Sakit di Indonesia. Atas dasar inilah Kementerian Kesehatan mengeluarkan kebijakan mengenai kewajiban penyelenggaraan SIMRS di setiap Rumah Sakit melalui Permenkes No. 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Instalasi Rawat Jalan RSD dr. Soebandi Jember, agar di temukan sejauh mana dan hambatan apa saja yang ada pada pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan purposive yang berdasarkan factor penyebab implementasi dari teori George C. Edward III, yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, struktur birokrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada pihak yang berkaitan langsung dengan SIMRS, dokumentasi dan buku literatur. Implementasi SIMRS RSD dr.Soebandi berkendala pada sumber daya baik itu manusia maupun fasilitas. Rumah sakit dr. Soebandi telah mengadakan pelatihan dan pendidikan terhadap pengguna system pada saat system sudah terpasang.

 

Kata kunci : SIMRS, Implementasi, Pendidikan dan Pelatihan



DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v1i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Majalah Ilmiah "CAHAYA ILMU"



View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135